Three Cups Of Tea By Greg Mortenson and Oliver Relin

Reviewed on : February 4th 2009

Buku yang ditulis oleh Greg Mortenson dan David Oliver Relin setebal 626 halaman terbitan mizan ini bercerita tentang kisah nyata seorang Greg Mortenson yang berjuang untuk memberikan pendidikan bagi anak-anak muslim di Pakistan dan Afganistan.

Berawal dari upaya pendakian gunung yang tidak berhasil, Greg akhirnya tersesat ke suatu desa kecil bernama Korphe dan disanalah dia menemukan jalan hidupnya.

Berawal dari keprihatinan beliau melihat anak-anak desa korphe belajar dengan khidmat di ruangan terbuka, di tengah cuaca yang dingin menggigit, Greg Mortenson berjanji pada dirinya sendiri bahwa suatu saat dia akan kembali ke desa itu dan mendirikan sekolah yang layak bagi anak-anak disana.

Greg Mortenson memberikan contoh bagaimana seorang individu dapat membuat perbedaan yang begitu besar bagi kehidupan apabila memiliki tekad yang kuat, dimana apabila kita sudah menemukan suatu tujuan, maka jangan berhenti berbuat sampai tujuan itu tercapai.

Sangat sulit untuk tetap berfokus pada suatu titik, terkadang terlalu banyak hal yang membuat kita berbelok ke kiri dan ke kanan sebelum menemukan jalan lurus ke arah tujuan kita. Namun tidak demikian halnya untuk seorang Greg Mortenson. Diawali dengan pencarian dana secara mandiri, dengan 580 surat permohonan dana untuk mendirikan sekolah di Korphe, beliau berakhir sebagai direktur sebuah lembaga kemanusiaan bernama Central Asia Institute (CAI) dan berhasil membangun kurang lebih 78 sekolah di area-area paling remote pedalaman pakistan dan afganistan.

Di saat semua orang hanya sibuk beretorika dan menuangkan janji-janji, Greg benar-benar melakukan sesuatu dan menciptakan keajaiban bagi ratusan anak-anak yang membutuhkan pendidikan karena beliau beranggapan pendidikan adalah modal terbesar yang bisa diberikan kepada seseorang. Dengan pendidikan, manusia akan memiliki pilihan akan apa yang mungkin dia lakukan dengan hidupnya.

Buku ini sangat memberikan inspirasi dan akan membuat kita merasa malu pada diri sendiri dan bertanya-tanya apa yang yang telah kita lakukan dalam hidup. Perbedaan apa yang bisa kita berikan di semasa hidup kita, ataukah kita hanya akan menjadi suatu mahluk yang hanya numpang lewat dalam kehidupan.

Please read this book, and youโ€™ll see what a single individual could achieve not for himself but for many other people. Bravo Greg Mortenson !!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s